Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur

RESPONSIVE PROGRAM GUBERNUR

Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur > Blog > Berita Terbaru > RESPONSIVE PROGRAM GUBERNUR

Distan Prov. NTT Menargetkan  “ 100 Ribu Anakan Kelor “  Siap Tanam

 <  Oleh Martinus Boekan  >

 

MENANAM KELOR,   merupakan salah satu   program kerja  fenomenal Gubernur Nusa Tenggara Timur. Program  kerja ini dikemas dalam satu icon menarik yang disebut “ Revolusi Hijau menanam Kelor “ begitu menggema dikumandangkan  keseluruh wilayah dan mendapat sambutan baik masyarakat NTT dalam mendukung pangan local.  Program kerja ini secara resmi dicanangkan pada momentum apel perdananya sebagai Gubernur NTT pada upacara  hari kesadaran tanggal 17 September 2018  yang lalu,  bertempat di lapangan upacara Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, dihadiri seluruh  staf dan Para Pejabat lingkup Sekretariat Daerah Provinsi dan jajaran SKPD  Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur

Mendukung   program   kerja    Gubernur NTT,  Kepala  Dinas   Pertanian   Provinsi   Nusa  Tenggara  Timur Bapak Ir. Yohanes Tay, MM  didampingi Sekretaris Dinas Bapak Ir. Migdonth S. Abolla, M.Si, secara langsung  mengkawal persiapan  sarana dan prasarana pembibitan Kelor yang ditempatkan di pekarangan  belakang dan samping Kantor Dinas Pertanian  dan mengistruksikan kepada para pejabat Eselon III  melalui Sekretaris Dinas, membagi jadwal kerja kepada semua staf dari  setiap  Bidang, mengisi polybag  dengan benih Kelor yang telah dipersiapkan.

Dalam dua  bulan terakhir  telah menunjukan hasil   sebanyak  60 ribu anakan Kelor  dari jumlah yang targetkan 100  anakan Kelor. Tanaman Kelor  ini sudah tersedia dalam  media  persemaian  polybag  dan secara teknis “ siap  Edar Siap tanam ” sebagai langkah responsive memasyarakatkan program kerja Gubernur NTT  “ menanam Kelor “ sebagai satu mata rantai usaha tani produktif disetiap wilayah.

Dalam kesempatan itu,  Kepala Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur Bpk. Ir. Yohanes Tay, MM, memaparkan secara detail program Bapak Gubernur NTT memilih tanaman Kelor yang beliau katakana  sebagai salah satu program kerja yang sangat tepat. Lebih lanjut dikatakan  bahwa  “ tanaman  Kelor “ yang dikenal dengan nama latinnya Moringa Oleifera “ dan oleh masyarakat lokal  disebut  sebagai “ pohon merungga “ merupakan tanaman  bernilai gizi tinggi. Keistimewaan tanaman   Kelor ini   adalah satu jenis tanamanan yang dapat tumbuh dengan subur pada lahan  marginal tanpa perlakuan khusus sepanjang musim. Keistimewaannya tersebut sangat didukung potensi lahan marginal  NTT yang  sangat luas untuk pengembangan Kelor dalam skala besar.

Program kegiatan ini  secara positip  tentunya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu  dengan adanya  Program  Kelorisasi  menjadi  lapangan  kerja baru  yang  mampu  menyerap ribuan tenaga kerja. Dari sisi lain hijauan hamparan  Kelor dapat diproyeksikan sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik dan komoditi ekspor  berkualitas tinggi,  sebagai salah satu  andalan devisa masa depan. Satu bukti pemikiran  cerdas Bapak Gubernur Laiskodat, yang tidak banyak  orang tahu. Memilih tanaman Kelor  sebagai salah satu program  kerja  feonemalnya  yang  Bapak Gubernur lukiskan sebagai “ berlian hijau ” yang  akrab  dengan  bumi  Flobamora,  kekayaan tanah NTT, namun puluhan tahun  diluputkan dari perhatian.

Dalam kesempatan Kadistan Prov. NTT  Ir. Yohanes Tay, MM  menegaskan bahwa,  Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur  sebagai Institusi   yang  bergerak  dalam pembangunan sektor Pertanian dan Perkebunan di Provinsi NTT, terlebih dahulu harus memberikan contoh  sekaligus memberikan motifasi dan dukungan  kepada masyarakat petani NTT menanam Kelor pada wilayah-wiayah pontensial yang sudah dipetakan sebagai langkah awal pengembangan kelor mendukung program kerja Bapak Gubernur NTT.

Dari hasil yang telah dicapai,  Kepala Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur  menyampaikan apresiasinya  kepada semua staf, telah menyediakan 60  ribu polybag   persemaian anakan  Kelor siap tanam. Beliau  terus  mengajak kerja keras seluruh  karyawan  Dinas  Pertanian  Prov. NTT,  mensukseskan program kerja Gubernur NTT. < m.bkn 25/10/18 >

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Dinas Pertanian Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion