Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

KUNJUNGAN MENTAN RI KE NTT

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Berita Terbaru > KUNJUNGAN MENTAN RI KE NTT

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ditengah pandemi Covid-19 melakukan kunjungan kerja di Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (28/5). Banyak agenda yang dilakukan diantaranya  penyerahan bantuan Alsintan secara simbolis ke Gubernur NTT yaitu 43 unit traktor dan 1 unit exavactor yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima barang oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di halaman Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT.  Kegiatan selanjutnya peninjauan ke Toko Tani Indonesia Centre (TTIC), dilanjutkan gerakan pengolahan lahan dengan menggunakan traktor roda 4 serta gerakan tanam jagung di lahan lokasi TJPS (Tanam Jagung Panen Sapi) di Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang juga pelepasan 2 kontainer jagung hasil TJPS untuk pengiriman antar pulau sebanyak 42 ton. Selanjutnya penyerahan secara simbolis oleh Menteri Pertanian ke kelompok tani berupa bantuan benih jagung hibrida dan jagung komposit serta bawang merah.

Yang menarik saya untuk harus datang ke NTT adalah keinginan kuat masyarakat dan Gubernur yang selalu memilih fiksi yang seksi. Pilihan fiksinya itu pilihan katanya itu mau membuat NTT tidak miskin, itu membuat saya tidak tidur. Beliau selalu katakan NTT miskin, itu yang harus dirubah dan itu yang membuat saya hadir bukan karena saya Menteri. Saya suka tantangan seperti ini yang miskin itu kalau dia tidak melakukan kerja jawabannya ada di depan mata dan sudah ada di NTT yaitu pertanian, kunci daerah yang bisa maju bahwa kalau Kepala Daerahnya memang mau apa yang kurang. Kita punya agenda kebijakan-kebijakan pemerintah kelembagaan-kelembagaan masyarakat dihidupkan termasuk kelembagaan pertanian kemudian agenda aksinya begitu selesai panen tanam lagi tidak boleh nunggu” ujar SYL.

Sementara itu, Gubernur NTT dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kunjungan Menteri Pertanian walaupun masih dalam situasi pandemi covid-19, namun berani untuk melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah di Indonesia termasuk NTT. “Saya berterimakasih kepada Pak Menteri bukan hanya karena bantuan tetapi karena keberanian dan komitmen untuk memajukan pertanian di seluruh Indonesia saat situasi seperti ini. Kami tentu sangat bersyukur atas bantuan pemerintah pusat yang besar ini, tetapi kalau lebih besar dan lebih sedikit lagi, akan lebih baik lagi untuk NTT. Tambah lagi kalau janji exavactor dari Pak Dirjen bisa terealisasi tentu sangat baik karena tanah NTT ini punya struktur batu bertanah bukan tanah berbatu. Dengan alat ini, kami bisa ambil batunya dan lahan-lahan kering kami bisa kelola semuanya” jelas VBL.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion