Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

BABINSA SIAP MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN KELUARGA

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Uncategorized > BABINSA SIAP MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN KELUARGA

Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan. Selain tugas pokok diatas TNI juga berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Sebagai alat pertahanan negara TNI berfungsi sebagai (1) Penangkat terhadap setiap bentuk ancaman militer bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, (2) Penindak terhadap setiap bentuk ancaman serta (3) memulihkan terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut TNI AD meiliki satuan teritorial paling bawah yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang merupakan ujung tombak territorial yang bertugas melatih warga, memberikan penyuluhan di bidang hankam dan pengawasan fasilitas dan prasarana hankam di wilayahnya.
Mengingat peran Babinsa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat maka, KOREM 161 WIRASAKTI memandang perlu membekali para Babinsa dengan ilmu teknis Budidaya Pertanian dalam menjalankan tugas di wilayahnya. Untuk itu KOREM mengirim surat ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT untuk memberikan penyuluhan kepada para babinsa di Aula MAKOREM 161 WIRASAKTI Kupang.

Kegiatan penyuluhan dilaksanakan di Aula Makorem jumat 12 Juni 2020 dengan dihadiri oleh para Babinsa Senior dan Yunior sebanyak 75 orang perwakilan dari 22 Kabupaten/Kota selain para babinsa hadir juga para PASI di jajaran KOREM 161 sebagai motivator bagi para babinsa.
Kegiatan penyuluhan diawali dengan acara pembukaan yang dipimpin oleh Kasiter KOREM 161 WS Kupang (Kolonel Infantri Jamali) dimana pada kesempatan tersebut beliau meminta kepada para Babinsa untuk betul-betul menyimak materi yang disampaikan dan dijadikan bekal dalam bertugas di wilayah masing-masing.

Penyuluhan dilaksanakan oleh Tim Penyuluh yang di koordinir oleh Jose de A. Freitas, S.Pt dengan materi (1) Pemanfaatan Pekarangan disampaikan oleh Maria E. V. Rukmini, S.Pt dan (2) Pembuatan Pupuk Organik (BOKASI) disampaikan oleh Maria K. Tuames, SP.
Metode penyuluhan yang digunakan yaitu ceramah untuk teori di dalam ruangan dan Demonstrasi Cara pembuatan pupuk di luar ruangan. Semua peserta mengikuti kegiatan dengan seksama dan melaksanakan praktek sesuai langkah-langkah yang diberikan oleh pembawa materi.
Pihak KOREM akan selalu mengundang Tim Penyuluh untuk memberikan materi pada kegiatan-kegiatan berikutnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan para Babinsa di wilayah binaannya.
“NTT BANGKIT NTT SEJAHTERA”

Oleh : Jose De A. Freitas, S.Pt (Penyuluh Pertanian Madya Distan KP Prov. NTT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion