Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

SEHAT, BAHAGIA BERSAMA PANGAN LOKAL

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Uncategorized > SEHAT, BAHAGIA BERSAMA PANGAN LOKAL

Kegiatan Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020, dengan Tema Sehat, Bahagia Bersama Pangan Lokal dilaksanakan pada hari Jumad tanggal 25 September 2020, bertempat di pelataran kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, diawali dengan hiburan organ tunggal dan artis lokal dari kota kupang dengan lagu-lagunya yang merdu, indah mempesona. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lecky Frederich Koli, STP.
Kepala Seksi Konsumsi dalam laporan Ketua Panitia mengatakan, Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020, melakukan 3 kegiatan utama yaitu Edukasi, Promosi dan Eksalasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pangan lokal.

Edukasi berupa penyelenggaraan Tolk Show, yang mengusung tema Sehat, Bahagia Bersama Pangan Lokal. Promosi berupa penerbitan Surat edaran Gubernur Nusa Tenggara Timur, yang berisi anjuran untuk mengkonsumsi pangan lokal sebagai snack atau pangan utama, dalam acara kedinasan, serta membagikan tumbler (botol minuman) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Masyarakat, dengan tagline Sehat, Bahagia Bersama Pangan Lokal. Dan Eskalasi UMKM dilakukan melalui fasilitasi otlet pemasaran produk-produk UMKM pangan local yang ada di wilayah NTT melalui Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang berada di Provinsi NTT.
Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat tentang pangan local sumber karbohidrat Non Beras, Meningkatkan Konsumsi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras, dan mendukung berkembangnya UMKM pangan local di NTT.
Nara sumber kegiatan talk show berasal dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (BPTP) Naibonat Kupang, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Tokoh Agama dan Pimpinan Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Kupang.
Peserta Kegiatan Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020, terdiri dari ASN yang mewakili 22 kabupaten/kota se NTT, UMKM pangan lokal yang ada di wilayah Kota Kupang, sedangkan dari Kabupaten Kupang, berasal dari Gapoktan Muda Mandiri – Pelaksana Kegiatan Pengembangan Industri Pangan Lokal (PIPL) Pengembangan/ Produksi Tepung Jagung, serta ASN lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan provinsi NTT.
Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membangkitkan selera masyarakat, untuk lebin memcintai dengan mengelola pangan lokal menjadi panganan berselera tinggi bagi keluarga.

oleh: Maria E. V. Rukmini, SPt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2020 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion