Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

TJPS MT II (Asep) 2021, Gubernur NTT “Kerja Luar Biasa, butuh komitmen besar”

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Uncategorized > TJPS MT II (Asep) 2021, Gubernur NTT “Kerja Luar Biasa, butuh komitmen besar”

Dalam kunjungan kerjanya Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan penanaman Jagung diareal persawahan Kuledoki Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur dalam rangka mendukung gerakan Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) pada Musim Tanam (MT) II April – September Sabtu (31/7/21).
Gubernur didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Lecky Frederich Koli, STP, Rektor Undana Prof.Ir. Fredik L. Benu, M.Si Ph.D, Kadis Pertanian Kabupaten Kupang Ir. Pandapotan Siallagan, M.Si, Sekda Kabupaten Kupang, Danramil 1604 – 02 Camplong, Kapolsek Kupang Timur serta mahasiswa Fakultas Pertanian Undana melakukan penanaman benih jagung hibrida P35 bersama dengan Kelompok Tani Agape. Penanaman secara tugal pada areal seluas 1 ha dan penanaman dengan Alat tanam jagung (ATJ) pada lahan seluas 2 Ha. Sebelum melakukan penanaman Gubernur sempat menggunakan traktor untuk menggarap lahan yang akan ditanam.
Dalam berbagai kegiatan TJPS Gubernur selalu menegaskan bahwa rantai nilai harus dipasok oleh NTT sendiri. Pakan ternak, obat, ilmu dan lain sebagainya, harus ada di NTT bukan dipasok dari daerah lain, sehingga jagung yang ditanam tidak hanya untuk dimakan manusia namun jagung yang ditanam tujuannya juga menuju ke pakan ternak. Lebih lanjut dikatakan bahwa kita jangan kerja biasa, tapi kerja luar biasa. Kerja butuh komitmen besar.
Sementara menurut KadistanKP Provinisi NTT Lecky Koli, kawasan persawahan Kuledoki ini merupakan daerah irigasi sekaligus dapat menjadi model percontohan bagi daerah lain sesuai skema TJPS. Pemerintah akan terus bergerak bersama petani menggarap sawah ini dan jika dilakukan secara baik otomatis akan meningkatkan perekonomiam masyarakat.
Hal senada pun disampaikan Rektor Universitas Nusa Cendana, Frederik L. Benu, terkait program TJPS, Undana mendukung penuh pelaksanaannya sebagai wujud kontribusi lembaga pendidikan terhadap pembangunan NTT tandasnya.
Diakhir kunjungannya Gubernur melakukan pemotongan satu ekor sapi sebagai rasa syukur dan terimakasih kepada kelompok tani dan masyarakat setempat.
de..2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion