Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kegiatan Perbanyakan Benih Varietas Anjasmoro di Desa Kajong

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Uncategorized > Kegiatan Perbanyakan Benih Varietas Anjasmoro di Desa Kajong

Benih merupakan salah satu input produksi yang mempunyai kontribusi signifikan
terhadap peningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian. Ketersediaan benih dengan
varietas yang berdaya hasil tinggi dan mutu yang tinggi, baik mutu fisik, fisologis, genetik
maupun mutu patologis mutlak diperlukan di dalam suatu sistem produksi pertanian.
Melalui dukungan Dana APBD I 2021 upaya untuk meningkatkan produktivitas kedelai dilakukan dengan perbanyakan benih kedelai. Kegiatan perbanyakan benih kedelai ini dilakukan di Desa Kajong Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai pada areal seluas 10 Ha. Varietas yang digunakan adalah varietas Anjasmoro label ungu (BP). Varietas Anjasmoro ini dipilih karena mampu beradaptasi dengan baik, produksinya tinggi yaitu daya hasil 2,03-2,25 t/ha, tahan rebah, polong tidak mudah pecah dan moderat terhadap karat daun.
Selain dana APBD 1, kegiatan pengembangan kedelai Varietas Detap juga dilakukan di Desa Kajong Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai dengan alokasi dana APBN 2021. Keunggulan utama kedelai Varietas Detap adalah tahan pecah polong serta ukuran bijinya besar yaitu 15 gram/100 biji. Menariknya lagi, kedelai ini beumur tergolong genjah (singkat) yakni 78 hari serta memiliki daya hasil tinggi yaitu 2,70 ton/ha.
Luas pengembangan kedelai varitas Detap di Desa Kajong Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai yakni 60 Ha. Panen perdana telah dilakukan pada Jumat (06/08/2021) namun panen serentak baru akan dilakukan dalam 2 minggu kedepan. Panen dilakukan dengan menggunakan alat panen kedelai yaitu Power thesser yang merupakan alat panen bantuan pemerintah provinsi lewat dana APBN 2021.
Kegiatan perbanyakan benih kedelai di Kabupeten Manggarai ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi, produktivitas, dan mutu benih kedelai yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sistem perbenihan dan penangkar benih kedelai di Provinsi NTT.
de..2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion