Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sertifikat ISO 9001 : 2015, DisTanKP NTT Layak

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur > Blog > Uncategorized > Sertifikat ISO 9001 : 2015, DisTanKP NTT Layak

KOTA KUPANG, DISTAN.NTTPROV.GO.ID – Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025 bahwa seluruh Instansi Pemerintah baik pusat maupun daerah perlu melaksanakan reformasi birokrasi. Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sesuai instruksi Gubernur Viktor B. Laiskodat, bahwa seluruh Perangkat Daerah Lingkup Provinsi NTT harus di Sertifikasi ISO 9001 : 2015. Untuk itu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT baru-baru ini mendapat jadwal untuk diaudit oleh auditor eksternal Lead Auditor, Ivar Kusradi D, ST, M.Eng dari SZUtest Indonesia yang merupakan salah satu badan internasional yang menyediakan Inspeksi, pengujian, pelatihan, pengawasan dan sertifikasi.
Sertifikasi ISO 9001:2015 itu sendiri merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. ISO 9001:2015 merupakan standar manajemen mutu yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization dikenal juga dengan ISO yang berisikan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi sebuah perusahaan / organisasi dalam membentuk suatu quality management system.
Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lecky Frederich Koli, STP menjelaskan tentang struktur organisasi DistanKP Provinsi NTT untuk memberikan gambaran pelayanan publik yang selama ini dijalankan sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP). Beliau juga menyampaikan limpah terimakasih atas kegiatan Audit Eksternal (Lead Auditor dan Tim Inspektorat) seraya berharap adanya perbaikan serta masukan yang dapat ditindaklanjuti sehingga DistanKP dapat menuju sistim manajemen berdasarkan ketentuan ISO 9001:2015 dan dapat bekerja sama dengan pihak manapun termasuk lembaga internasional karena kita diakui secara internasional tandasnya.
Kegiatan audit dimulai sesaat usai acara pembukaan dan arahan berlangsung, Sekretariat (Subag Kepegawaian dan Umum, PDE dan Keuangan) mendapat giliran pertama untuk diaudit, menyusul bidang-bidang dan UPTD. Kunjungan lapangan (on site) dan beberapa wawancara pun dilakukan terkait tugas pokok dan fungsi yang dilakukan.
Setelah semua tahapan audit selesai maka hasil atau penilaian terhadap DistanKP Provinsi NTT dinyatakan LAYAK mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015. Kami REKOMENDASIKAN LAYAK untuk diberikan Sertifikat ISO 9001:2015 kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT ujar Lead Auditor Ivar Kusradi yang diikuti tepuk tangan dari semua yang hadir di Aula Rapat DistanKP NTT jl. Polisi Militer Kota Kupang.
De..2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion