Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur
DINAS PERTANIAN NTT

LATAR BELAKANG & TUJUAN

Latar Belakang

Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui UPT Perbenihan Kebun Dinas dan Laboratorium Hayati Perkebunan dengan aset berupa 11 unit kebun dinasyang tersebar pada 9 kabupaten, 9 unit laboratorium yang tersebar pada 6 kabupaten serta asrama yang dilengkapi dengan 2 aula.Aset-aset ini menjadi perpanjangan tangan Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam memberikan pelayanan teknis yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan tanaman perkebunan.

Kebun-kebun dinas memberikan pelayanan teknis kepada masyarakat berupa penyediaan benih/bibit yang berkualitas,percontohan pemeliharaan tanaman perkebunan, meyebarkan informasi budidaya tanaman perkebunan dan pelatihan pembuatan pupuk organik. Pelayanan teknis yang diberikan ini bermuara pada peningkatan produksi tanaman perkebunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

Pelayanan teknis kepada masyarakat juga diberikan oleh laboratorium-laboratorium dengan cara mengembangkan dan menyediakan agen pengendali hayati(APH) untuk pengendalian hama dan penyakit tanaman perkebunanyang aman bagi lingkungan, memberikan informasi mengenai agensia pengendali hayati, hama dan penyakit tanaman perkebunan, malakukan pelatihan cara pembuatan dan penggunaan agensia pengendali hayati (APH), menerapkan teknologi-teknologi baru APH dalam pengendalian hama penyakit tanaman.Pelayanan teknis yang diberikan ini bertujuan untuk meningkatan produksi dan produktivitas tanaman perkebunan serta mutu hasil perkebunan yang bebas dari residu bahan kima beracun sehinga nantinya mampu bersaing di tingkatnasional dan internasional.

Aset berupa asrama dan aula terdiri dari 21 unit kamar dan 2 unit aula telah memberikan layanan jasa penginapan dan tempat untuk rapat, pertemuan dan pelatihan dengan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat ataupun instansi pemerintah.Dari jasa yang diberikan aset ini mendukungPendapatan Asli Daerah Provinsi NTT.

Pada tahun 2016 UPT Perbenihan Kebun Dinas dan Laboratorium Hayati Perkebunan yang mengelola 11 kebun dinas dengan total luasan sebesar 113,67 Hadan 9 unit laboratorium yang ada beserta asrama dan aula telah memberikan kontribusi Penerimaan Asli Daerah (PAD) kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui dinas Pertanian Provinsi NTT sebesar Rp.488.559.500,-.

Tujuan

Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman perkebunan maka perlu didukung dengan teknologi-teknologi budidaya, pengendalian hama dan penyakit, pengelolaan pasca panen. Teknologi-teknologi ini terus berkembang setiap saat sehingga perlu adanya unit yang melaksanakan pelayanan yang bersifat teknis operasional yang langsung bersentuhan dengan masyarakat sehingga dapat membantu masyarakat menghadapi kendala-kendala yang dihadapi dilapangan dengan meggunakan teknologi-teknologi baru yang ada.

UPT Perbenihan Kebun Dinas dan Laboratorium Hayati Perkebunan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan yang bersifat teknis operasional Dinas Pertanian Provinsi NTT yangakan secara langsung bersentuhan dengan masyarakat dan meningkatkan pelayanan dari setiap aset pemerintah yang ada, selain itu juga menjawab keperluan masyarakat akan suatu pelayanan yang bersifat teknis operasional untuk mengatasi permasalahan pada tanaman perkebunan mereka.

© 2018 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, All rights reserved. Powered by Webtocrat Motion